Lomba Menulis Dongeng
Lomba Menulis Dongeng

Kemdikbud Mengadakan Event Lomba Menulis Dongeng dengan Hadiah Rp 150 Juta

Diposting pada

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Penguatan Karakter menggelar event lomba menulis dongeng yang bertajuk “Kuatkan Karakter melalui Dongeng”.

Event lomba menulis dongeng ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Dongeng Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 Maret 2024. Event ini ditujukan untuk menggali kreativitas dan inovasi masyarakat dalam menciptakan karya sastra yang mengandung nilai-nilai karakter Pancasila.

Syarat dan Ketentuan Lomba Menulis Dongeng

Lomba menulis dongeng ini terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia, baik pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum, tanpa batasan usia dan profesi. Lomba ini bersifat individu, sehingga setiap peserta hanya dapat mengirimkan satu karya. Karya yang dikirimkan harus berupa naskah dongeng yang orisinal, tidak plagiat, tidak melanggar hak cipta, dan belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam lomba lain.

Naskah dongeng yang dikirimkan harus sesuai dengan tema “Kuatkan Karakter melalui Dongeng”, yang mengacu pada dimensi, elemen, dan sub elemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka Belajar.

Naskah dongeng harus mengandung pesan moral, edukatif, dan inspiratif, serta tidak mengandung unsur politik, kekerasan, pornografi, radikalisme, narkoba, judi, bias gender, penghinaan terhadap SARA dan kepercayaan, atau unsur lain yang melanggar norma dan hukum yang berlaku.

Naskah dongeng harus ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, dengan panjang antara 1.000 hingga 1.500 kata. Naskah dongeng harus diketik dengan font Times New Roman ukuran 12, spasi 1,5, dan margin 2,5 cm.

Naskah dongeng harus disertai dengan identitas penulis, yang meliputi nama lengkap, nomor identitas (KTP/SIM/Paspor), alamat lengkap, nomor telepon, alamat email, dan akun media sosial. Naskah dongeng harus dikirimkan dalam format PDF melalui email ke alamat kreasidongeng@kemdikbud.go.id dengan subjek “Lomba Menulis Dongeng_Nama Penulis”.

Hadiah dan Pengumuman Pemenang

Lomba menulis ini menawarkan total hadiah sebesar Rp 150 juta, yang akan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Untuk setiap kategori, akan dipilih tiga pemenang, dengan rincian hadiah sebagai berikut:

  • Juara 1: Rp 15 juta
  • Juara 2: Rp 10 juta
  • Juara 3: Rp 5 juta

Selain itu, akan dipilih juga 10 naskah terbaik dari seluruh kategori, yang akan mendapatkan hadiah masing-masing Rp 2,5 juta. Semua pemenang juga akan mendapatkan piagam penghargaan dan buku antologi yang berisi karya-karya pemenang dan nominasi.

Pemenang lomba menulis ini akan diumumkan pada tanggal 20 Maret 2024, melalui media sosial dan website resmi Kemendikbudristek. Pemenang juga akan dihubungi melalui email atau telepon oleh panitia.

Pemenang diwajibkan untuk mengirimkan dokumen-dokumen yang diminta oleh panitia, seperti fotokopi identitas, nomor rekening, dan surat pernyataan. Jika pemenang tidak mengirimkan dokumen-dokumen tersebut dalam waktu yang ditentukan, maka hadiah akan dibatalkan.

Tujuan dan Manfaat Lomba Menulis Dongeng

Lomba menulis ini memiliki tujuan dan manfaat yang positif, baik bagi peserta maupun bagi masyarakat luas dan di bawah ini ada beberapa tujuan dan manfaat dari lomba menulis ini, beberapa diantaranya:

Lomba ini bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam menciptakan karya sastra yang berkualitas. Dongeng adalah salah satu genre sastra yang memiliki potensi yang besar untuk mengekspresikan ide dan gagasan yang kreatif dan inovatif. Dengan mengikuti lomba ini, peserta dapat melatih kemampuan menulis mereka, serta menunjukkan bakat dan potensi mereka sebagai penulis sastra.

Lomba ini juga bertujuan untuk menumbuhkan minat dan apresiasi masyarakat terhadap sastra, khususnya dongeng, sebagai salah satu bentuk kebudayaan bangsa. Dongeng adalah salah satu warisan budaya yang memiliki nilai-nilai sejarah, sosial, dan moral yang penting bagi bangsa. Dengan mengikuti lomba ini, peserta dapat mempelajari dan menghargai dongeng-dongeng yang ada, serta menciptakan dongeng-dongeng baru yang sesuai dengan zaman dan kebutuhan masyarakat.

Lomba ini juga bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk memperkuat karakter melalui dongeng, yang mengandung nilai-nilai karakter Pancasila, seperti beriman, bertakwa, berkebhinekaan, bergotong royong, dan bernalar kritis.

Dongeng adalah salah satu media yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan moral, edukatif, dan inspiratif, yang dapat membentuk karakter dan sikap positif bagi pembaca atau pendengarnya. Dengan mengikuti lomba ini, peserta dapat menyadari dan menerapkan nilai-nilai karakter Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, serta menjadi contoh dan teladan bagi orang lain.

Lomba ini juga bertujuan untuk menyediakan wadah bagi masyarakat untuk menuangkan ide dan gagasan mereka, serta berbagi pengalaman dan inspirasi dengan orang lain. Dongeng adalah salah satu cara untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dengan mengikuti lomba ini, peserta dapat mengekspresikan diri mereka, serta mendapatkan umpan balik dan apresiasi dari orang lain. Peserta juga dapat belajar dan terinspirasi dari karya-karya peserta lainnya, serta memperluas wawasan dan pengetahuan mereka.

Lomba ini juga bertujuan untuk menyemarakkan peringatan Hari Dongeng Sedunia, yang merupakan momentum untuk mengenang dan menghargai para penggiat dan pencipta dongeng di seluruh dunia. Dongeng adalah salah satu bentuk seni yang universal, yang dapat dinikmati oleh semua orang, tanpa memandang usia, gender, ras, agama, atau budaya. Dengan mengikuti lomba ini, peserta dapat merayakan dan menghormati kontribusi dan karya-karya para penggiat dan pencipta dongeng, serta menjadi bagian dari komunitas dongeng global.

Jadwal dan Informasi Lomba Menulis Dongeng

Lomba Menulis Dongeng ini dibuka mulai dari tanggal 20 Februari 2024 hingga 20 Maret 2024. Peserta dapat mengirimkan naskah dongeng mereka selama periode tersebut, dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Peserta juga dapat mengikuti perkembangan lomba menulis ini melalui media sosial dan website resmi Kemendikbudristek, yaitu:

  • Instagram: @kemdikbudri
  • YouTube: Kemendikbud RI
  • TikTok: @kemdikbudri
  • Website: www.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lebih lanjut, peserta dapat menghubungi panitia lomba menulis ini melalui nomor telepon 081220585518 (Suci) atau 08561508472 (Reifa), atau melalui email kreasidongeng@kemdikbud.go.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *